PADA SDN 1 KARYAMULYASARI KECAMATAN CANDIPURO
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
(Laporan PPL)
Disusun Oleh:
ERWIN
08071593
Ditulis Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan
Diploma Tiga (D III) Pada
AMIK DCC LAMPUNG
Kampus Kalianda
Kampus Kalianda
AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA LAMPUNG
KAMPUS KALIANDA
2010
LEMBAR PERSETUJUAN
Judul : Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Pada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.
Tempat PKL : SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten
Lampung Selatan.
Alamat : Jalan Karyatani No. 24 Desa Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.
Nama NPM Program Studi
Erwin 08071593 D3 Manajemen Informatika
Lama PKL : 3 Bulan
Tanggal Persetujuan : .............................
Menyetujui:
Dosen Pembimbing Pembimbing Lapangan
Purwanto, S.Kom Mujalin Nahar,S.Pd
NIK. 13020904301 NIP. 19790317 200212 1 004
Mengetahui:
Direktur AMIK DCC LAMPUNG Kepala SDN 1 Karyamulyasari
Kampus Kalianda Kecamatan Candipuro
Dra. Mardawati Rusydi H. SARONO,S.Pd
NIK. 13020904301 NIP.19620612 198403 1 010
HALAMAN PENGESAHAN
TIM PENGUJI
|
NAMA PENGUJI
|
TANDA TANGAN
|
Ketua Penguji
Penguji Utama
Anggota
|
......................................
......................................
1. ..................................
2. ..................................
|
.....................................
.....................................
.....................................
.....................................
|
Tanggal lulus : ..................................20....
Direktur
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER (AMIK)
DCC LAMPUNG KAMPUS KALIANDA
Drs. Mardawati Rusydi
NIK. 13020904301
MOTTO
Manusia Hanya Dapat Hidup Menjadi Manusia Karena Pendidikan
(Immanuel Kanrt)
Aku
akan selalu berusaha membiasakan untuk melakukan hal baik, karena
bagiku hal yang sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas akan terasa lebih
mudah dan nyaman dilakukan.
(Erwin)
RIWAYAT HIDUP
Penulis
dilahirkan di desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung
Selatan Pada tanggal 23 Februari 1988 dari pasangan suami istri yang
bernama Kusnanto dan Mursini. Penulis adalah anak Kedua dari tiga bersaudara.
Riwayat Pendidikan:
o SD ( 1995-2001) : SDN 2 Batuliman Indah
o SMP ( 2001-2004) : SMPN 1 Sidomulyo
o SMA (2004-2007) : SMAN 1 Sidomulyo
o D3 ( 2008-2011) : DCC Kalianda
PERSEMBAHAN
Karya
tulis ilmiah ini kupersembahkan terutama untuk kekasih hatiku tercinta,
Cinta yang sebenarnya, yang selalu menjadi cahaya dikegelapan hatiku,
dan yang selalu mendengarkan disetiap keluh kesahku, sungguh tak ada
lagi yang pantas kecuali Zat Yang Maha segalanya, Allah SWT.
Untuk
sosok Ayah yang paling ku sayang yang selama ini selalu memberikan
dukungannya, fisik, materi maupun do’a ayahku tersayang, Kusnanto, dan
Ibu tercinta, Mursini. Makasih atas dukungannya dan doanya selama ini,
Untuk Kakakku Irwn yang selalu support aku serta Adikku Purnomo yang
selalu siap sedia membantuku. Terakhir untuk keluarga besar SDN 1
Karyamulyasari terima kasih untuk dukungan dan doanya selama ini. Serta
untuk Herlina, seseorang yang selalu memberikan dukungan, kritik, saran
serta memberiku semangat ketika semangat belajarku mulai menurun.
Buat
semua Staf DCC,Khususnya Bu Marda , makasih karena udah ngebimbing dan
mendapingi Erwin selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini
sampai Laporan PKL ini selesai.
Buat seluruh teman seangkatan dan seperjuangan, makasih karena selalu ngasih semangat selama ini.....
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dengan
lancar.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penelitian ini masih terdapat
kekurangan baik dari segi penulisan, bahasa pengetahuan dan pengalaman.
Namun berkat keuletan, ketekunan dan keinginan penulis untuk
menyelesaikan tugas ini. Untuk itu dalam penulisan ini penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1. Kedua
Orang Tuaku tercinta yang selalu mendoakan dan memberikan dukungan
sehingga penulis berhasil dalam menyelesaikan PPL di SDN 1
Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.
2. Dra. Mardawati Rusydi, selaku Direktur Akademik Manajemen Iformatika dan Komputer (AMIK) DCC Lampung Kampus Kalianda.
3. Purwanto,A.Md selaku Dosen Pembimbing
4. Seluruh Dosen dan Staf DCC.
5. Drs. Maryono, Selaku Kepala SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.
6. Bpk. Mujalin Nahar,S.Pd Selaku Pembimbing Lapangan.
7. Seluruh Staf Dewan Guru SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.
Akhirnya
penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu, hingga penulis akhirnya dapat menyelesaikan Laporan PPL ini
terwujud sebagaimana yang diharapkan.
Candipuro, November 2010
E r w i n
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL .............................................................................................. i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ........................................................ ii
LEMBAR PENGESAHAN ..................................................................................... iii
MOTTO ...................................................................................................................... iv
RIWAYAT HIDUP .................................................................................................... v
PERSEMBAHAN .................................................................................................... vi
KATA PENGANTAR ............................................................................................... vii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ ix
DAFTAR TABEL ..................................................................................................... xi
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................... xii
DAFTARLAMPIRAN ........................................................................................... . xiii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang PPL .............................................................................. 01
1.2 Tujuan PPL ............................................................................................. 02
1.3 Tujuan dan Kegunaan Penulisan Laporan ............................................... 03
1.4 Metode Pengumpulan Data .................................................................... 03
1.5 Sistematika Penulisan ............................................................................... 04
BAB II HASIL DAN PEMBAHASAN
2.1 Tinjauan SDN 1 Karyamulyasari .............................................................. 06
2.1.1 Sejarah Singkat SDN 1 Karyamulyasari ........................................ 06
2.1.2 Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari ................................... 07
2.1.3 Kepegaiawaian SDN 1 Karyamulyasari ......................................... 08
2.1.4 Tugas dan Tanggung Jawab masing masing bagian ....................... 09
2.1.5 Visi dan Misi SDN 1 Karyamulyasari .......................................... 12
2.2 Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari
............................... ............ 13
2.2.1 Komputer ............................................................................ ............ 13
2.2.2 Komputerisasi .................................................................................. 15
2.2.3 Aplikasi Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari.................... 16
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan ................................................................................................ 18
3.1.1 Kesimpulan PPL ................................................................................ 18
3.1.2 Kesimpulan SDN 1 Karyamulyasari ............................................... 19
3.2 Saran
..........................................................................................................
19
3.2.1 Saran Kepada SDN 1 Karyamulyasari ............................................ 19
3.2.2 Saran Kepada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda ................ 20
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR TABEL
Tabel: Halaman
1.1 Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari .................................................. 08
DAFTAR GAMBAR
Gambar: Halaman
1.1 StrukturOrganisasi SDN 1 Karyamulyasari ……………………… 07
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Surat Keterangan PPL
Lampiran 2. Buku Harian Peserta PPL
Lampiran 3. Kegiatan Harian PPL
Lampiran 4. Hasil Pemantauan Dosen Pembimbing PPL
Lampiran 5. Hasil Bimbingan Penulisan
Lampiran
6. Dokumentasi PPL
DAFTAR PUSTAKA
E. Zaenal Arifin, Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah, Grasindo, Jakarta,2003.
Nursalam, Analisa Data Penelitian, Dian Cipta, jakarta, 2001
Modul Metodologi Penelitian , Dian Cipta Cendikia (DCC), Kalianda, 2009.
Modul KTI, Dian Cipta Cendikia (DCC), Kalianda, 2009.
Nursalam, Analisa Data Penelitian, Dian Cipta, jakarta, 2001
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SD NEGERI 01 KARYAMULYASARI KEC. CANDIPURO
Alamat : Jl. Karyatani No 24 Desa Karyamulyasari Hp. 08127955997 Kode Pos 35453
NOMOR : 422/045/III.02.07/03/2010
Lampiran : -
Perihal : Surat Keterangan PPL
Yang
bertanda tangan dibawah ini Kepala SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan
Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, dengan ini menerangkan bahwa:
Nama : E R W I N
NPM : 08071593
Jurusan : Sistem Informasi
Telah
melaksanakan Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SDN 1
Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan sejak
tanggal 19 Juli – 19 Oktober 2010 .
Demikianlah surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya
Karyamulyasari, 8 November 2010
Kepala SDN 1 Karyamulyasari
H. SARONO,S.Pd
NIP. 19620612 198403 1 010
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pada
zaman sekarang perkembangan teknologi semakin pesat menuju era
globalisasi. Diera ini melahirkan situasi persaingan yang semakin tajam ,
untuk itu Indonesia pada akhirnya akan memerlukan SDM (Sumber Daya
Manusia) atau tenaga kerja pelaku bisnis yang kompeten, propesional dan
berwawasan global, serta ditopang dengan penguasaan akan teknologi
informasi khususnya komputer. Hal itu menuntut kita untuk menguasai
komputer.
Berasal
dari pernyataan diatas sebuah instansi pendidikan khususnya AMIK DCC
mencetak alumni yang profesional serta bertopang dengan penguasaan akan
teknologi informasi. Untuk itu sebelum menyelesaikan programnya
mahasiswa AMIK DCC Lampung diwajibkan mengikuti Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL).
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut digunakan sebagai salah satu syarat
melaksanakan Tugas Akhir(TA), dan PPL dilakukan secara perorangan
maupun kelompok, sedangkan tempat PKL ditentukan atau dicari sendiri
oleh mahasiswa yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa
mengetahui dan merasakan secara langsung betapa beratnya persaingan
didalam dunia kerja yang sesungguhnya. Dan juga agar mahasiswa lebih
mandiri dan mampu mengembangkan bakat dan kretifitasnya.
Dengan
adanya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut diharapkan mahasiswa
dapat mengenal lingkungan kerja dan menambah wawasan pengetahuan
sehingga dapat memperoleh pengalaman didunia kerja dan mempraktekan
secara langsung ilmu yang didapat selama belajar dilembaga pendidikan
DCC Kampus Kalianda Lampung Selatan.
1.2. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
1.2.1. Pengertian PPL
Praktek
Kerja Lapangan adalah suatu kegiatan praktek melakukan kerja yang
dilaksanakan dan wajib diikuti oleh Mahasiswa D3 AMIK DCC pada dunia
kerja terkait, selama jangka waktu tertentu melalui tahapan pengamatan
dan pelaksanaan nyata.
1.2.2. Tujuan Secara Umum
1. Mendapatkan pendidikan nyata dari dunia kerja
2. Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.
3. Mampu menerapkan dan membandingkan antara teori-teori yang dipelajari dengan PPL secara nyata.
4. Mempersiapkan tenaga kerja yang handal dan berpotensial.
1.2.3. Tujuan Secara Khusus
1. Sebagai bukti peenrapan dari teori-teori yang dipelajari
2. Agar penyusunan Laporan dapat mengenal dunia kerja secara nyata
3. Sebagai
salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir Program Diploma Tiga (D3)
pada lembaga pendidikan LPBM DCC Kampus Kalianda.
1.3. Tujuan dan Kegunaan Penulisan Laporan
Pembuatan
laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir semester yang juga
merupakan salah satu syarat kelulusan Diploma Tiga (D3) LPBM DCC Kampus
Kalianda. Laporan ini juga menjadi bukti bahwa penyusunan telah
melaksanakan Praktek Pengalaman lapangan (PPL) sebagai koreksi bagi
penyusun agar dimasa yang akan datang menjadi lebih baik.
1.4. Metode Pengumpulan Data
”Pengertian data yaitu keterangan yang benar dan nyata. Dan metode mempunyai pengertian tata cara atau langkah”. (Sistem Basis Data, Teori dan Praktek)
Jadi, metode pengumpulan data adalah suatu cara dalam mencari atau mengumpulkan sebuah keterangan.
Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu:
1. Observasi Langsung
“Observasi Langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan
mata tanpa adanya pertolongan alat standar lain untuk keperluan
tersebut”.
(Modul Metodologi Penilitian).
Jadi
penulis mengumpulkan data dengan mengamati atau melihat langsung semua
kegiatan yang dilakukan oleh subjek laporan, sehingga diperoleh data
yang sesuai dengan fakta atau kenyataan
2. Wawancara / Interview
”Interview atau wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk
tujuan penelitian dengan Tanya jawab, sambil bertatap muka antara si
penanya atau pewawancara dengan sipenjawab atau responden dengan
menggunakan alat yang dinamakan interview guide / panduan wawancara”.
(Modul Metodologi Penelitian).
1.5. Sistematika Penulisan
Laporan hasil praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini secara garis berisi tiga bab, yaitu :
Bab I Pendahuluan
Bab
ini berisi: latar belakang PPL, tujuan praktek kerja lapangan, tujuan
dan kegunaan penulisan laporan, metode pengumpulan data, sistematika
penulisan.
Bab II Hasil Dan Pembahasan
Bab
ini berisi : Tinjauan umum terhadap SDN 1 Karyamulyasari, sejarah
singkat SDN 1 Karyamulyasari, Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari,
Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari, Tugas dan Tanggung jawab masing-masing
bagian, Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari.
Bab III Penutup
Bab ini berisi : Kesimpulan dan saran
DaftarPustaka
Lampiran
BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
2.1. Tinjauan SDN 2 Mekarmulya
2.1.1. Sejarah Singkat SDN 1 Karyamulyasari
Pada
tahun 1987 dibangun SDN 1 Karyamulyasari yang beralamat di dusun
Karyatani Desa Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung
Selatan. Dari Ibukota Kecamatan Candipuro berjarak sekitar 11 km dan
dari Ibukota Kabupaten Lampung Selatan berjarak 30 km. Tahun pertama SD
tersebut dipimpin oleh Kepala sekolah yang bernama Bpk. Abu Qosim,
dengan jumlah tenaga pengajar 7 orang guru dengan jumlah 2 Unit
Bangunan.
Pada
Tahun 2004 Kepala sekolah digantikan oleh Drs. Maryono, pada tahun
2003 mendapatkan bantuan Rehab ringan, Pada tahun 2007 mendapatkan
bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) atau kata lain merehab Berat.
2.1.2. Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari
Gambar 1.1 Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari
2.1.3 Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari
Selama
penulis melaksanakan penelitian di SDN 1 Karyamulyasari, diperoleh data
terdiri dari 9 orang Laki-laki, 5 orang perempuan. Terdiri dari 1 orang
Kepala Sekolah, 8 orang guru kelas, 5 orang guru bidang study.
NO
|
NAMA / NIP
|
L/P
|
TEMPAT
TGL LAHIR
|
JABATAN
|
IJAZAH
| |
JABATAN
|
TMT
| |||||
1
|
Drs. MARYONO
|
L
|
Metro
18/07/1961
|
Kep. SD
|
23/03/2004
|
S1
|
19610718 198403 1 003
| ||||||
2
|
SUTIYA MURNI
|
P
|
Singalaga
28/04/1965
|
Guru Kelas
|
01/03/1986
|
D2
|
19650428 198603 2 004
| ||||||
3
|
SUJARWO
|
L
|
Banyuwangi
07/02/1964
|
Guru Penjas
|
01/08/1988
|
D2
|
19640207 198808 1 001
| ||||||
4
|
LUSTINA
|
P
|
Lamteng
20/05/1971
|
Guru Kelas
|
01/07/2000
|
D2
|
19710520 200007 2 001
| ||||||
5
|
MUJALIN NAHAR
|
L
|
Sidomulyo
17/03/1979
|
Guru Kelas
|
01/12/2002
|
S1
|
19790317 200212 1 004
| ||||||
6
|
MAHMUD NASOHA
|
L
|
Cilacap
10/05/1975
|
Guru Kelas
|
01/012005
|
D2
|
19750510 200501 1 015
| ||||||
7
|
IMAM NASRULOH
|
L
|
Sindangsari
18/05/1982
|
Guru PAI
|
01/04/2006
|
S1
|
19820518 200604 1 002
| ||||||
8
|
M. MANSUR
|
L
|
Sindangsari
12/02/1982
|
Guru Kelas
|
01/04/2006
|
D2
|
19820212 200604 1 007
| ||||||
9
|
SAODAWATI
|
P
|
Rantau Minyak
08/10/1966
|
Guru Kelas
|
01/01/2005
|
SPG
|
19660510 200801 2 004
| ||||||
10
|
SITI SOLIKAH
|
P
|
Karyatani
05/05/1976
|
Guru Kelas
|
01/07/1995
|
SMA
|
11
|
SAMIKUN
|
L
|
Jawa Tengah
25/07/1968
|
Guru Kelas
|
15/07/2005
|
D2
|
12
|
LASDAN
|
L
|
Pati
11/12/1967
|
Guru B. Ingg
|
15/09/2005
|
D2
|
13
|
LENI ESTRIA
|
P
|
Karyatani
01/01/1988
|
Guru B. Lamp
|
02/01/2007
|
SMA
|
14
|
ERWIN
|
L
|
Sidorejo
23/02/1988
|
14/07/2008
|
SMA
| |
Tabel 1.1. Kepegawaian SDn 1 Karyamulyasari.
2.1.4 Tugas dan Tanggung jawab Masing-masing bagian
1. Tugas Kepala Sekolah
Kepala sekolah berfungsi sebagai pemimpin, administrator dan supervisor:
a) Menyusun rencana
b) Mengorganisasikan kegiatan
c) Mengarahkan kegiatan
d) Mengkoordinasikan kegiatan
e) Melaksanakan fungsi pengawasan
f) Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
g) Menentukan kebijakan
h) Mengadakan rapat
i) Mengambil keputusan
j) Mengatur proses belajar
k) Mengatur administrasi
l) Mengatur Organisasi sekolah
m) Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan dunia usaha.
2. Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepala sekoalh mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a) Menyusun Program pengajaran
b) Menyusun pembagian tugas guru
c) Menyusun jadwal pelajaran
d) Menyusun jadwal evaluasi belajar
e) Menyusun pelaksanaan UAS/UASBN
f) Menyusun kriteria dan persyaratan naik atau tidak naik kelas serta lulus atau tidak lulus bagi siswa
3. Sekretaris
Sekretaris mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
a) Mencatat jadwal kegiatan kepala sekolah
b) Menyusun jadwal penerimaan rapor dan STTB
c) Menyediakan daftar buku acara guru dan siswa
d) Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pelajaran
e) Menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala
4. Bendahara
Bendahara mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a) Menyusun program dan sistem keuangan sekolah
b) Mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan dana BOS
c) Mengelola gaji pegawai dan guru
d) Membelanjakan yang dibutuhkan oleh sekolah
5. Guru wali kelas
Wali kelas mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a)Mengelola kelas
b) Menyelenggarakan administrasi kelas
c)Menyusun dan membuat statistik bulanan siswa
d) Mengisi daftar kumpulan nilai siswa
e)Membuat catatan khusus tentang siswa
f) Mencatat mutasi siswa
g) Mengisi buku rapor pendidikan
h) Membagi buku rapor pendidian
6. Guru mata pelajaran
Guru
mata pelajaran bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai
tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien.
Tugas dan tanggung jawab guru mata pelajaran adalah :
a) Membuat program pengajaran atau rencana KBM
b) Membuat program satuan pelajaran
c) Melaksanakan kegiatan penilain belajar semester atau tahunan
d) Mengisi daftar nilai siswa
e) Mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental
f) Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
7. Guru Pamong
Pada pelaksanaan program pengalaamn lapangan bagi mahasiswa guru pamong bertugas :
a. Membimbing
mahasiswa, terkait dengan proses pembelajaran yang mencakup persiapan,
praktik mengajar terbimbing dan mandiri, serta kegiatan non mengajat
lainnya.
b. Memberikan model mengajar atau model kerja pada saat mahasiswa melakukan observasi.
c. Memberikan tugas atau bahan praktik
d. Menilai pelaksanaan PKL disekolah.
2.1.5. Visi dan Misi SDN 1 Karyamulyasari
2.1.5.1. Visi SDN 1 Karyamulyasari
Maju Dalam Prestasi Melalui Kegiatan Intra Dan Ekstra.
2.1.5.2. Misi SDN 1 Karyamulyasari
- Meningkatkan Kualitas Kelulusan Bidang Akademik
- Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Guru
- Meningkatkan Hubungan Dan Kerjasama Dengan Komite Sekolah Dan Lembaga / Intansi Terkait
2.2. Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari
2.2.1. Komputer
Komputer berasal dari kata ”to Compute”
yang berarti alat penghitung. Namun ternyata sekarang ini komputer
tidak hanya berguna sebagai alat hitung, tetapi sudah meluas fungsinya,
yaitu diantaranya berfungsi sebagai alat untuk mengolah data. Atau
dengan kata lain komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat
menerima Input, mengolah Input, memberikan informasi, menggunakan suatu
program yang tersimpan dimemori komputer, dapat menyimpan program dan
hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
(MODUL KTI,2009)
Tujuan
pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan
informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari
perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), perangkat pikir (Brainware).
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer . Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan perangkat lunak (Software)
dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang
diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakanoleh
manusia untuk laporan dan terdiri dari Input Device, Process Device, dan Output Device.
a. Input device (alat masukan)
b. Adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Contohnya : Keyboard, mouse, Scaner, dll.
c. Process Device (alat proses)
d. adalah peralatan yang digunakan untuk memproses atau mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input. Contohnya : CPU
e. Output Device (alat keluaran)
f. Adalah alat yang digunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah kedalam komputer . Contohnya : Monitor, Printer, Speaker, dll.
2. Software (Perangkat lunak)
Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Contohnya: DOS, Microsoft
Window, Unix, dll.
3. Brainware (Perangkat pikir)
Brainware yaitu orang yang menggunakan komputer , orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal
dapat memasukan data dan mengeluarkan informasi. Perangkat pikir sangat
menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device, karena komputer hanya akan bekerja jika mendapat intruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.
Contohnya: Operator, Programmer,dan Sistem Analyst.
2.2.2. Komputerisasi
Komputerisasi
adalah pemakaian komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang
bertujuan untuk meningkatkan efesiensi, karena dengan menggunakan
komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan-pekerjaan tertentu jauh
lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya, dibanding dengan
mempekerjakan berpuluh-puluh SDM untuk hal serupa.
Aspek-aspek Sistem Komputerisasi
Aspek-aspek
dasar sistem komputerisasi merupakan fasilitas-fasilitas yang secara
principal haruis ada apabila suatu usaha sudah memasuki langkah maju
dengan menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantu pengolahan data
atau pengolahan informasi.
Aspek-aspek dasar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1) Aspek teknis:
a. Brianware (tenaga pelaksana)
b. Hardware (peralatan)
c. software (program dan data)
2) Aspek Non Teknis
- Dukungan Manajement
- Disiplin Baru
Jadi
aspek-aspek dalam komputerisasi ada 5(lima) seperti yang telah
disebutkan diatas. Dari kelima aspek ini dapat dilihat seluruh aspek
tersebut vital dalam suatu organisasi EDP. Dan diantara aspek yang satu
dangan yang lainnyasaling berkaitan dan menunjang. Oleh sebab itu, jika
salah satu diabaikan, maka kegiatan pengolahan data elektronikpun tak
akan berjalan seperti yang diharapkan.
2.2.3. Aplikasi Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari
Untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan SDN 1 Karyamulyasari sudah menggunakan
komputer. Diantaranya pekerjaan yang berhubungan dalam dunia Instansi
yaitu surat menyurat, administrasi, dan lain-lain. Karena dengan
menggunakan komputer pekerjaaan-pekerjaan tertentu dapat diselesaikan
secara efisien baik dari segi waktu maupun biaya.
Pekerjaan
seperti yang tertera diatas tadi dikerjakan oleh seorang TU yang
dibantu oleh guru-guru senior yang sudah berpengalaman.
Hardware
atau perangkat keras yang dibutuhkan adalah seperangkat komputer. Di
SDN 1 Karyamulyasari ada I unit Komputer dengan spesifikasi yang memadai
yaitu sebagai berikut :
1. Memory : 502 MB RAM
2.
Processor : Intel(R) pentium(R) Dual CPU E2140 @ 1.60
GHZ(2CPU S) 3. Harddisk : 325 MB Used, 902 MM
avalilable
4. Keyboard : standard
5. Monitor : Plig and Play Monitor
Program yang ada dalam Komputer SDN 2 Mekarmulya diantaranya adalah:
1. Microsoft Office Word 2003
2. Microsoft Office Exsel 2003
3. Microsoft Office Tools 2003
4. Microsoft Office Infopath 2003
5. Microsoft Office Outlook 2003
6. Microsoft Office Power Point 2003
7. Microsoft Office Publisher 2003
8. Internet Explorer
9. Mozila Firepox
10. FWT Connect
11. CorelDRAWGraphicsSuite x3
12. Antivir Personal Edition Classic
13. ANSAV- An’s Antivirus
14. Microsoft Visual Studio 6.0
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Melalui
data laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) maka dapat disimpulkan
bahwa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk
penyelanggaraan pendidikan untuk mendidik mahasiswa/i agar memiliki
keahlian profesional dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan serta
mendidik mahasiswa/i agar memiliki disiplin yang tinggi. Dan diharapkan
agar mahasiswa/i dapat mengenal lingkungan kerja serta menambah wawasan
dan pengetahuan yang dapat digunakan dimasa yang akan datang.
3.1.1. Kesimpulan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
1. Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan dan
wawasan mahasiswa, sebagai bekal untuk lapangan kerja serta sesuai
dengan program studi yang diperoleh.
2. Menumbuh kembangkan serta memantapkan pribadi mahasiswa memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidang yang diminati.
3. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk membiasakan diri pada suasana
lingkungan kerja yang sebenarnya, khususnya yang berkenaan dengan
kedisiplinan kerja.
4. Mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kuliah.
5. Menjajaki dan mengukur daya serap ilmu yang diperoleh.
3.1.2. Kesimpulan SDN 1 Karyamulyasari
1. Memberikan Kesempatan Kepada Peserta PPL untuk merasakan dan membiasakan diri pada suasana lingkungan kerja yang sebenarnya.
2. Membantu dan membimbing peserta PPL dalam melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
3. Memberikan
Nilai kepada kepada peserta PPL seberapa besar kemampuan, dan
kedisiplinanya dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh SDN 1
Karyamulyasari.
3.2. Saran
Dalam
BAB ini penulis ingin menyampaikan kepada AMIK DCC lampung Kampus
Kalianda dan SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipurp. Adapun saran dan
masukan yang penulis dapat berikan sebagai berikut
3.2.1. Saran Kepada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro
1.
Kepada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro didalam menghadapi
perkembangan teknologi, Kepala Sekolah, Guru serta staf lainnya harus
dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas sesuai dengan apa yang
diharapkan para siswa.
2.
Siswa adalah titipan orang tua agar anaknya menjadi orang yang berhasil
didalam menuntut ilmu, maka tugas staf dan Guru adalah membimbing,
mendidik dan mengarahkan siswa kepada hal-hal yang positif dan kepala
sekolah menyediakan segala sarana dan fasilitas sekolah demi mendukung
kelancaran kegiatan belajar mengajar.
3. Orang tua diharapkan memberi motivasi (dorongan) agar sama-sama mengarah-
kan kehal kependidikan yang positif bermoral dan bertaqwa.
3.2.2. Saran Kepada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda
1. Sewajarnya
lembaga mengantarkan atau menyerahkan peserta PPL yang dibimbingnya
pada hari pertama ditempat PPL yang telah ditentukan.
2. Agar
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) lebih terarah, sewajarnya pembimbing
mengawasi secara menyeluruh setiap mahasiswa yang melaksanakan Praktek
Pengalaman Lapangan dalam kegiatan PPL.
3. Kepada seluruh mahasiswa/i hendaknya mematuhi segala peraturan yang ada pada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda.
0 komentar:
Posting Komentar