Selasa, 06 Maret 2012

Contoh Laporan PKL




 LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PADA SDN 1 KARYAMULYASARI KECAMATAN CANDIPURO
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN



(Laporan PPL)


Disusun Oleh:

ERWIN
08071593



Ditulis Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan
Diploma Tiga (D III) Pada
AMIK DCC LAMPUNG
Kampus Kalianda


b










AKADEMIK MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER (AMIK)
DIAN CIPTA CENDIKIA LAMPUNG
KAMPUS KALIANDA
2010

LEMBAR PERSETUJUAN

Judul                          :  Laporan Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL)
                                       Pada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.

Tempat PKL             :  SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten  
b                                       Lampung Selatan.
Alamat                        :  Jalan Karyatani No. 24 Desa Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.

     Nama                                  NPM                                      Program Studi          
     Erwin                                  08071593                               D3 Manajemen Informatika
Lama PKL                          : 3 Bulan
Tanggal Persetujuan          : .............................
Menyetujui:
       Dosen Pembimbing                                                  Pembimbing Lapangan

        Purwanto, S.Kom                                                  Mujalin Nahar,S.Pd
       NIK. 13020904301                                             NIP. 19790317 200212 1 004

Mengetahui:

Direktur AMIK DCC LAMPUNG                           Kepala SDN 1 Karyamulyasari
          Kampus Kalianda                                                   Kecamatan Candipuro
                                                                                               



     Dra. Mardawati Rusydi                                            H. SARONO,S.Pd
          NIK. 13020904301                                           NIP.19620612 198403 1 010
HALAMAN  PENGESAHAN

TIM  PENGUJI
NAMA PENGUJI
TANDA TANGAN

Ketua Penguji


Penguji Utama


Anggota

......................................


......................................


1. ..................................



2. ..................................

.....................................


.....................................


.....................................



.....................................


                                                                       

Tanggal lulus : ..................................20....



Direktur
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER (AMIK)
DCC LAMPUNG KAMPUS KALIANDA




Drs. Mardawati Rusydi
NIK. 13020904301



MOTTO


Manusia Hanya Dapat Hidup Menjadi Manusia Karena Pendidikan
                                                                      (Immanuel Kanrt)



Aku akan selalu berusaha membiasakan untuk melakukan hal baik, karena bagiku hal yang sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas akan terasa lebih mudah dan nyaman dilakukan.
(Erwin)






















RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan Pada tanggal 23 Februari 1988 dari pasangan suami istri yang bernama Kusnanto dan Mursini. Penulis adalah anak Kedua dari tiga bersaudara.

Riwayat Pendidikan:
o       SD ( 1995-2001)                           : SDN 2 Batuliman Indah
o       SMP ( 2001-2004)                        : SMPN 1 Sidomulyo
o       SMA (2004-2007)                         : SMAN 1 Sidomulyo
o       D3 ( 2008-2011)                           : DCC Kalianda


















PERSEMBAHAN
Karya tulis ilmiah ini kupersembahkan terutama untuk kekasih hatiku tercinta, Cinta yang sebenarnya, yang selalu menjadi cahaya dikegelapan hatiku, dan yang selalu mendengarkan disetiap keluh kesahku, sungguh tak ada lagi yang pantas kecuali Zat Yang Maha segalanya, Allah SWT.

Untuk sosok Ayah yang paling ku sayang yang selama ini selalu memberikan dukungannya, fisik, materi maupun do’a  ayahku tersayang, Kusnanto, dan Ibu tercinta, Mursini. Makasih atas dukungannya dan doanya selama ini, Untuk Kakakku Irwn yang selalu support aku serta Adikku Purnomo yang selalu siap sedia membantuku. Terakhir untuk keluarga besar SDN 1 Karyamulyasari terima kasih untuk dukungan dan doanya selama ini. Serta untuk Herlina, seseorang yang selalu memberikan dukungan, kritik, saran serta memberiku semangat ketika semangat belajarku mulai menurun.

Buat semua Staf DCC,Khususnya Bu Marda , makasih karena udah ngebimbing dan mendapingi Erwin  selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sampai Laporan PKL ini  selesai.
Buat seluruh teman seangkatan dan seperjuangan, makasih karena selalu ngasih semangat selama ini.....











KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Laporan Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL) dengan lancar.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penelitian ini masih terdapat kekurangan baik dari segi penulisan, bahasa pengetahuan dan pengalaman. Namun berkat keuletan, ketekunan dan keinginan penulis untuk menyelesaikan tugas ini. Untuk itu dalam penulisan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1.      Kedua Orang Tuaku tercinta yang selalu mendoakan dan memberikan dukungan sehingga penulis berhasil dalam menyelesaikan PPL di SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.
2.      Dra. Mardawati Rusydi, selaku Direktur Akademik Manajemen Iformatika dan Komputer (AMIK) DCC Lampung Kampus Kalianda.
3.      Purwanto,A.Md selaku Dosen Pembimbing
4.      Seluruh Dosen dan Staf  DCC.
5.      Drs. Maryono, Selaku Kepala SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.
6.      Bpk. Mujalin Nahar,S.Pd  Selaku Pembimbing Lapangan.
7.      Seluruh Staf Dewan Guru SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro.

Akhirnya penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, hingga penulis akhirnya dapat menyelesaikan Laporan PPL ini terwujud sebagaimana yang diharapkan.







                                                                                        Candipuro, November 2010
                                                                                               


                                                                                                 E r w i n






















DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL        ..............................................................................................    i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING    ........................................................   ii
LEMBAR PENGESAHAN   .....................................................................................  iii
MOTTO ...................................................................................................................... iv
RIWAYAT HIDUP ....................................................................................................  v
PERSEMBAHAN  ....................................................................................................  vi
KATA PENGANTAR ............................................................................................... vii
DAFTAR ISI ............................................................................................................   ix
DAFTAR TABEL .....................................................................................................  xi
DAFTAR GAMBAR ...............................................................................................   xii
DAFTARLAMPIRAN ........................................................................................... . xiii

BAB I    PENDAHULUAN
        1.1  Latar Belakang PPL     ..............................................................................  01
        1.2  Tujuan PPL   .............................................................................................   02
        1.3  Tujuan dan Kegunaan Penulisan Laporan ...............................................    03
        1.4  Metode Pengumpulan Data   ....................................................................    03
        1.5  Sistematika Penulisan ...............................................................................   04


BAB II   HASIL DAN PEMBAHASAN
        2.1  Tinjauan SDN 1 Karyamulyasari  ..............................................................  06   
               2.1.1  Sejarah Singkat SDN 1 Karyamulyasari  ........................................  06 
               2.1.2  Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari ...................................  07 
               2.1.3  Kepegaiawaian SDN 1 Karyamulyasari .........................................  08 
               2.1.4  Tugas dan Tanggung Jawab masing masing bagian .......................  09
               2.1.5   Visi dan Misi SDN 1 Karyamulyasari  ..........................................  12
        2.2  Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari ............................... ............  13                           
               2.2.1  Komputer ............................................................................ ............  13
               2.2.2  Komputerisasi ..................................................................................  15
                2.2.3  Aplikasi Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari....................  16
                               
BAB  III   KESIMPULAN DAN SARAN
3.1  Kesimpulan ................................................................................................  18
             3.1.1  Kesimpulan PPL ................................................................................ 18
               3.1.2  Kesimpulan SDN 1 Karyamulyasari ...............................................  19
        3.2  Saran ..........................................................................................................  19
               3.2.1  Saran Kepada SDN 1 Karyamulyasari ............................................  19
               3.2.2  Saran Kepada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda  ................ 20                       
   
DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR TABEL

Tabel:                                                                                                                 Halaman
1.1  Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari ..................................................  08






























DAFTAR GAMBAR

Gambar:                                                                                                             Halaman
            1.1    StrukturOrganisasi SDN 1 Karyamulyasari   ………………………   07
           



























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1.  Surat Keterangan PPL
Lampiran 2.  Buku Harian Peserta PPL
Lampiran 3.  Kegiatan Harian PPL
Lampiran 4.  Hasil Pemantauan Dosen Pembimbing PPL
Lampiran 5.  Hasil Bimbingan Penulisan
Lampiran 6. Dokumentasi PPL                                                                                                              
           

           











DAFTAR PUSTAKA

E. Zaenal Arifin, Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah, Grasindo, Jakarta,2003.
Nursalam, Analisa Data Penelitian, Dian Cipta, jakarta, 2001
Modul Metodologi Penelitian , Dian Cipta Cendikia (DCC), Kalianda, 2009.
Modul KTI, Dian Cipta Cendikia (DCC), Kalianda, 2009.
Nursalam, Analisa Data Penelitian, Dian Cipta, jakarta, 2001

























PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SD NEGERI 01 KARYAMULYASARI KEC. CANDIPURO
Alamat :  Jl.  Karyatani  No  24  Desa  Karyamulyasari  Hp. 08127955997  Kode  Pos  35453


NOMOR         : 422/045/III.02.07/03/2010
Lampiran         : -
Perihal             : Surat Keterangan PPL

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, dengan ini menerangkan  bahwa:

Nama                                       : E R W I N
            NPM                                       : 08071593
            Jurusan                                    : Sistem Informasi

 Telah melaksanakan Kegiatan  Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL) di SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan sejak tanggal  19 Juli – 19 Oktober 2010 .

Demikianlah surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya, dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya 

                        Karyamulyasari, 8 November 2010
                                                                 Kepala SDN 1 Karyamulyasari

                                                                                   

H. SARONO,S.Pd
                                                                              NIP. 19620612 198403 1 010
                                                                             


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi semakin pesat menuju era globalisasi. Diera ini melahirkan situasi persaingan yang semakin tajam , untuk itu Indonesia pada akhirnya akan memerlukan SDM (Sumber Daya Manusia) atau tenaga kerja pelaku bisnis yang kompeten, propesional dan berwawasan global, serta ditopang dengan penguasaan akan teknologi informasi khususnya komputer. Hal itu menuntut kita untuk menguasai komputer.

Berasal dari pernyataan diatas sebuah instansi pendidikan khususnya AMIK DCC mencetak alumni yang profesional serta bertopang dengan penguasaan akan teknologi informasi. Untuk itu sebelum menyelesaikan programnya mahasiswa AMIK DCC Lampung diwajibkan mengikuti Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL).

Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL) tersebut digunakan sebagai salah satu syarat melaksanakan Tugas Akhir(TA), dan PPL dilakukan secara perorangan maupun kelompok, sedangkan tempat PKL ditentukan atau dicari sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan merasakan secara langsung betapa beratnya persaingan didalam dunia kerja yang sesungguhnya. Dan juga agar mahasiswa lebih mandiri dan mampu mengembangkan bakat dan kretifitasnya.  

Dengan adanya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja dan menambah wawasan pengetahuan sehingga dapat memperoleh pengalaman didunia kerja dan mempraktekan secara langsung ilmu yang didapat selama belajar dilembaga pendidikan DCC Kampus Kalianda Lampung Selatan.

1.2. Tujuan Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL)
1.2.1. Pengertian PPL
Praktek Kerja Lapangan adalah suatu kegiatan praktek melakukan kerja yang dilaksanakan dan wajib diikuti oleh Mahasiswa D3  AMIK DCC pada dunia kerja terkait, selama jangka waktu tertentu melalui tahapan pengamatan dan pelaksanaan nyata.

1.2.2. Tujuan Secara Umum
1.      Mendapatkan pendidikan nyata dari dunia kerja
2.      Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.
3.      Mampu menerapkan dan membandingkan antara teori-teori yang dipelajari dengan PPL secara nyata.
4.      Mempersiapkan tenaga kerja yang handal dan berpotensial.
1.2.3.  Tujuan Secara Khusus
1.      Sebagai bukti peenrapan dari teori-teori yang dipelajari
2.      Agar penyusunan Laporan dapat mengenal dunia kerja secara nyata
3.      Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir Program Diploma Tiga (D3) pada lembaga pendidikan LPBM DCC Kampus Kalianda.


1.3. Tujuan dan Kegunaan Penulisan Laporan
Pembuatan laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir semester yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan Diploma Tiga (D3) LPBM DCC Kampus Kalianda. Laporan ini juga menjadi bukti bahwa  penyusunan telah melaksanakan Praktek Pengalaman lapangan (PPL) sebagai koreksi bagi penyusun agar dimasa yang akan datang menjadi lebih baik.

1.4. Metode Pengumpulan Data
     ”Pengertian data yaitu keterangan yang benar dan nyata. Dan metode mempunyai pengertian tata cara atau langkah”. (Sistem Basis Data, Teori dan Praktek)
Jadi, metode pengumpulan data adalah suatu cara dalam mencari atau mengumpulkan sebuah keterangan.



Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu:
1. Observasi Langsung
     “Observasi Langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa adanya pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut”.
(Modul Metodologi Penilitian).
Jadi penulis mengumpulkan data dengan mengamati atau melihat langsung semua kegiatan yang dilakukan oleh subjek laporan, sehingga diperoleh data yang sesuai dengan fakta atau kenyataan

2.    Wawancara / Interview
     ”Interview atau wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan Tanya jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan sipenjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide / panduan wawancara”.
(Modul Metodologi Penelitian).

1.5. Sistematika Penulisan
Laporan hasil praktek Pengalaman  Lapangan (PPL)  ini secara garis berisi tiga bab, yaitu :


Bab I Pendahuluan
Bab ini berisi: latar belakang PPL, tujuan praktek kerja lapangan, tujuan dan kegunaan penulisan laporan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan.
Bab II Hasil Dan Pembahasan
Bab ini berisi : Tinjauan umum terhadap SDN 1 Karyamulyasari, sejarah singkat SDN 1 Karyamulyasari, Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari, Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari, Tugas dan Tanggung jawab masing-masing bagian, Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari.

Bab III Penutup
Bab ini berisi : Kesimpulan dan saran
 
DaftarPustaka
Lampiran



















BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
2.1. Tinjauan SDN 2 Mekarmulya
2.1.1. Sejarah Singkat SDN 1 Karyamulyasari
Pada tahun 1987 dibangun SDN 1 Karyamulyasari yang beralamat di dusun Karyatani Desa Karyamulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Dari Ibukota Kecamatan Candipuro berjarak sekitar 11 km dan dari Ibukota Kabupaten Lampung Selatan berjarak 30 km. Tahun pertama SD tersebut dipimpin  oleh Kepala sekolah yang bernama Bpk. Abu Qosim, dengan jumlah tenaga pengajar 7 orang guru dengan jumlah 2 Unit Bangunan.

Pada Tahun 2004 Kepala sekolah digantikan oleh Drs. Maryono,  pada  tahun 2003  mendapatkan bantuan Rehab ringan,  Pada tahun 2007 mendapatkan  bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) atau kata lain merehab Berat.





2.1.2. Struktur Organisasi  SDN 1 Karyamulyasari














                                                            
 





























Gambar 1.1 Struktur Organisasi SDN 1 Karyamulyasari
2.1.3  Kepegawaian SDN 1 Karyamulyasari
Selama penulis melaksanakan penelitian di SDN 1 Karyamulyasari, diperoleh data terdiri dari 9 orang Laki-laki, 5 orang perempuan. Terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 8 orang guru kelas, 5 orang guru bidang study.

NO
NAMA / NIP
L/P
TEMPAT
TGL LAHIR
JABATAN
IJAZAH
JABATAN
TMT

1

Drs. MARYONO
L
Metro
18/07/1961
Kep. SD
23/03/2004
S1
19610718 198403 1 003
2

SUTIYA MURNI
P
Singalaga
28/04/1965
Guru Kelas
01/03/1986
D2
19650428 198603 2 004
3

SUJARWO
L
Banyuwangi
07/02/1964
Guru Penjas
01/08/1988
D2
19640207 198808 1 001
4

LUSTINA
P
Lamteng
20/05/1971
Guru Kelas
01/07/2000
D2
19710520 200007 2 001
5

MUJALIN NAHAR
L
Sidomulyo
17/03/1979
Guru Kelas
01/12/2002
S1
19790317 200212 1 004
6

MAHMUD NASOHA
L
Cilacap
10/05/1975
Guru Kelas
01/012005
D2
19750510 200501 1 015
7
IMAM NASRULOH
L
Sindangsari
18/05/1982
Guru PAI
01/04/2006
S1
19820518 200604 1 002
8
M. MANSUR
L
Sindangsari
12/02/1982
Guru Kelas
01/04/2006
D2
19820212 200604 1 007
9
SAODAWATI
P
Rantau Minyak
08/10/1966
Guru Kelas
01/01/2005
SPG
19660510 200801 2 004
10
SITI SOLIKAH
P
Karyatani
05/05/1976
Guru Kelas
01/07/1995
SMA

11
SAMIKUN
L
Jawa Tengah
25/07/1968
Guru Kelas
15/07/2005
D2

12
LASDAN
L
Pati
11/12/1967
Guru B. Ingg
15/09/2005
D2

13
LENI ESTRIA
P
Karyatani
01/01/1988
Guru B. Lamp
02/01/2007
SMA

14
ERWIN
L
Sidorejo
23/02/1988

14/07/2008
SMA


Tabel 1.1. Kepegawaian SDn 1 Karyamulyasari.
2.1.4 Tugas dan Tanggung jawab Masing-masing bagian
1. Tugas Kepala Sekolah
Kepala sekolah berfungsi sebagai pemimpin, administrator dan supervisor:
a)      Menyusun rencana
b)      Mengorganisasikan kegiatan
c)      Mengarahkan kegiatan
d)     Mengkoordinasikan kegiatan
e)      Melaksanakan fungsi pengawasan
f)       Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
g)      Menentukan kebijakan
h)      Mengadakan rapat
i)        Mengambil keputusan
j)        Mengatur proses belajar
k)      Mengatur administrasi
l)        Mengatur Organisasi sekolah
m)    Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan dunia usaha.

2. Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepala sekoalh mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a)      Menyusun Program pengajaran
b)      Menyusun pembagian tugas guru
c)      Menyusun jadwal pelajaran
d)     Menyusun jadwal evaluasi belajar
e)      Menyusun pelaksanaan UAS/UASBN
f)       Menyusun kriteria dan persyaratan naik atau tidak naik kelas serta lulus atau tidak lulus bagi siswa

3. Sekretaris
Sekretaris mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
a)      Mencatat jadwal kegiatan kepala sekolah
b)      Menyusun jadwal penerimaan rapor dan STTB
c)      Menyediakan daftar buku acara guru dan siswa
d)     Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pelajaran
e)      Menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala

4. Bendahara
Bendahara mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a)      Menyusun program dan sistem keuangan sekolah
b)      Mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan dana BOS
c)      Mengelola gaji pegawai dan guru
d)     Membelanjakan yang dibutuhkan oleh sekolah
5. Guru wali kelas
Wali kelas mempunyai tugas untuk membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a)Mengelola kelas
b)      Menyelenggarakan administrasi kelas
c)Menyusun dan membuat statistik bulanan siswa
d)     Mengisi daftar kumpulan nilai siswa
e)Membuat catatan khusus tentang siswa
f)    Mencatat mutasi siswa
g)      Mengisi buku rapor pendidikan
h)      Membagi buku rapor pendidian

6. Guru mata pelajaran
Guru mata pelajaran bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien. Tugas dan tanggung jawab guru mata pelajaran adalah :
a)      Membuat program pengajaran atau rencana KBM
b)      Membuat program satuan pelajaran
c)      Melaksanakan kegiatan penilain belajar semester atau tahunan
d)     Mengisi daftar nilai siswa
e)      Mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental
f)       Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
7. Guru Pamong
Pada pelaksanaan program pengalaamn lapangan bagi mahasiswa guru pamong bertugas :
a.             Membimbing mahasiswa, terkait dengan proses pembelajaran yang mencakup persiapan, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, serta kegiatan non mengajat lainnya.
b.            Memberikan model mengajar atau model kerja pada saat mahasiswa melakukan observasi.
c.             Memberikan tugas atau bahan praktik
d.            Menilai pelaksanaan PKL disekolah.

2.1.5. Visi dan Misi SDN 1 Karyamulyasari
2.1.5.1. Visi SDN 1 Karyamulyasari
Maju Dalam Prestasi Melalui Kegiatan Intra Dan Ekstra.

2.1.5.2. Misi SDN 1 Karyamulyasari
  1. Meningkatkan Kualitas Kelulusan Bidang Akademik
  2. Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Guru
  3. Meningkatkan Hubungan Dan Kerjasama Dengan Komite Sekolah Dan Lembaga / Intansi Terkait


2.2. Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari
2.2.1. Komputer
Komputer berasal dari kata ”to Compute” yang berarti alat penghitung. Namun ternyata sekarang ini komputer tidak hanya berguna sebagai alat hitung, tetapi  sudah meluas fungsinya, yaitu diantaranya berfungsi sebagai  alat untuk mengolah data. Atau dengan kata lain komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima Input, mengolah Input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan dimemori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
(MODUL KTI,2009)
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), perangkat pikir (Brainware).

1. Hardware (perangkat keras)
 Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer . Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan  perangkat lunak (Software) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakanoleh manusia untuk laporan dan terdiri dari Input Device, Process Device, dan Output Device.
a.       Input device (alat masukan)
b.      Adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Contohnya : Keyboard, mouse, Scaner, dll.
c.       Process Device (alat proses)
d.      adalah peralatan yang digunakan untuk memproses atau mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input. Contohnya : CPU
e.       Output Device (alat keluaran)
f.       Adalah alat yang digunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah kedalam komputer . Contohnya : Monitor, Printer, Speaker, dll.

2.  Software (Perangkat lunak)
Software yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Contohnya: DOS, Microsoft
Window, Unix, dll.

3.  Brainware (Perangkat pikir)
Brainware yaitu  orang yang menggunakan komputer , orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukan data dan mengeluarkan informasi. Perangkat pikir sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device, karena komputer hanya akan bekerja jika mendapat intruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.
Contohnya: Operator, Programmer,dan Sistem Analyst.

2.2.2. Komputerisasi
Komputerisasi adalah pemakaian komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan efesiensi, karena dengan menggunakan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan-pekerjaan tertentu jauh lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya, dibanding dengan mempekerjakan berpuluh-puluh SDM untuk hal serupa.


Aspek-aspek Sistem Komputerisasi
Aspek-aspek dasar sistem komputerisasi merupakan fasilitas-fasilitas yang secara principal haruis ada apabila suatu usaha sudah memasuki langkah maju dengan menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantu pengolahan data atau pengolahan informasi.
Aspek-aspek dasar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1)      Aspek teknis:
a.       Brianware (tenaga pelaksana)
b.      Hardware (peralatan)
c.       software (program dan data)
 2) Aspek Non Teknis
  1. Dukungan Manajement
  2. Disiplin Baru

Jadi aspek-aspek dalam komputerisasi ada 5(lima) seperti yang telah disebutkan diatas. Dari kelima aspek ini dapat dilihat seluruh aspek tersebut vital dalam suatu organisasi EDP. Dan diantara aspek yang satu dangan yang lainnyasaling berkaitan dan menunjang. Oleh sebab itu, jika salah satu diabaikan, maka kegiatan pengolahan data elektronikpun tak akan berjalan seperti yang diharapkan.

2.2.3. Aplikasi Komputerisasi pada SDN 1 Karyamulyasari
Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan SDN 1 Karyamulyasari sudah menggunakan komputer. Diantaranya pekerjaan yang berhubungan dalam dunia Instansi yaitu surat menyurat, administrasi, dan lain-lain. Karena dengan menggunakan komputer pekerjaaan-pekerjaan tertentu dapat diselesaikan secara efisien baik dari segi waktu maupun biaya.
Pekerjaan seperti yang tertera diatas tadi dikerjakan oleh seorang TU yang dibantu oleh guru-guru senior yang sudah berpengalaman.

Hardware atau perangkat keras yang dibutuhkan adalah seperangkat komputer. Di SDN 1 Karyamulyasari ada I unit Komputer dengan spesifikasi yang memadai yaitu sebagai berikut :
1. Memory                   : 502 MB RAM
2. Processor                 : Intel(R)  pentium(R) Dual CPU E2140 @ 1.60 GHZ(2CPU S) 3. Harddisk                      : 325 MB Used, 902 MM avalilable
4. Keyboard                : standard       
5. Monitor                   : Plig and Play Monitor
Program yang ada dalam Komputer SDN 2 Mekarmulya diantaranya adalah:
1.      Microsoft  Office Word 2003
2.      Microsoft  Office Exsel 2003
3.      Microsoft  Office Tools 2003
4.      Microsoft  Office Infopath 2003
5.      Microsoft  Office Outlook 2003
6.      Microsoft  Office Power Point 2003
7.      Microsoft  Office Publisher 2003
8.      Internet Explorer
9.      Mozila Firepox
10.  FWT Connect
11.  CorelDRAWGraphicsSuite x3
12.  Antivir Personal Edition Classic
13.  ANSAV- An’s Antivirus
14.  Microsoft Visual Studio 6.0





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Melalui data laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) maka dapat disimpulkan bahwa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk penyelanggaraan pendidikan untuk mendidik mahasiswa/i agar memiliki keahlian profesional dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan serta mendidik mahasiswa/i agar memiliki disiplin yang tinggi. Dan diharapkan agar mahasiswa/i dapat mengenal lingkungan kerja serta menambah wawasan dan pengetahuan yang dapat digunakan dimasa yang akan datang.

3.1.1. Kesimpulan Praktek Pengalaman  Lapangan (PPL)
1.      Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang membentuk  kemampuan dan wawasan mahasiswa, sebagai bekal untuk lapangan kerja serta sesuai dengan program studi yang diperoleh.
2.      Menumbuh kembangkan serta memantapkan pribadi mahasiswa memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidang yang diminati.
3.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membiasakan diri pada suasana lingkungan kerja yang sebenarnya, khususnya yang berkenaan dengan kedisiplinan kerja.
4.      Mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kuliah.
5.      Menjajaki dan mengukur daya serap ilmu yang diperoleh.

3.1.2. Kesimpulan SDN 1 Karyamulyasari
1.      Memberikan Kesempatan Kepada Peserta PPL untuk merasakan dan membiasakan diri pada suasana lingkungan kerja yang sebenarnya.
2.      Membantu dan membimbing  peserta PPL dalam melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
3.      Memberikan Nilai kepada kepada peserta PPL seberapa besar kemampuan, dan kedisiplinanya dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh SDN 1 Karyamulyasari.

3.2. Saran
Dalam BAB ini penulis ingin menyampaikan kepada AMIK DCC lampung Kampus Kalianda dan SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipurp. Adapun saran dan masukan yang penulis dapat berikan sebagai berikut

3.2.1. Saran Kepada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro
1.  Kepada SDN 1 Karyamulyasari Kecamatan Candipuro didalam menghadapi perkembangan teknologi, Kepala Sekolah, Guru serta staf lainnya harus dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas sesuai dengan apa yang diharapkan para siswa.
2.   Siswa adalah titipan orang tua agar anaknya menjadi orang yang berhasil didalam menuntut ilmu, maka tugas staf dan Guru adalah membimbing, mendidik dan mengarahkan siswa kepada hal-hal yang positif dan kepala sekolah menyediakan segala sarana dan fasilitas sekolah demi mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar.
3.  Orang tua   diharapkan  memberi motivasi (dorongan)  agar sama-sama mengarah-
kan kehal kependidikan yang positif bermoral dan bertaqwa.

3.2.2.  Saran Kepada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda
1.      Sewajarnya lembaga mengantarkan atau menyerahkan peserta PPL yang dibimbingnya pada hari pertama ditempat PPL yang telah ditentukan.
2.      Agar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) lebih terarah, sewajarnya pembimbing mengawasi secara menyeluruh setiap mahasiswa yang melaksanakan Praktek Pengalaman  Lapangan dalam kegiatan PPL.
3.      Kepada seluruh mahasiswa/i hendaknya mematuhi segala peraturan yang ada pada AMIK DCC Lampung Kampus Kalianda.


0 komentar:

Poskan Komentar